Rabu, 18 Maret 2009

SDLC WATERFALL MODEL




SDLC WATERFALL MODEL







INTRODUCTION


Metode ini merupakan classic life cycle, embutuhkan pendekatan sistematis dan sekuensial dalam pengembangan perangkat lunak, dimulai dari tingkat planning sampai operasional dan support. SoftWare Limitet (SWL) manufacture, California, USA menggunakan metode ini dalam hal memproduksi software dalam rangkah permintaan pesanan software dari konsumen.

(PHASE#1) SYTEM PLANNING

Fase pada bagian ini merupakan premilinary investigation, yang terdiri dari

a. Obtain Roles of Proces, Authorization

Introduction Konsep dengan manajemen, penugasan resmi dari manajemen perihal proyek
perubahan pada proses bisnis beserta ruang lingkupnya.

b. Identify The Necessary Information

Understand problem, melalui pemahaman kebutuhan perubahan
Project scope, menentukan ruang lingkup perubahan
Identified benefit, mengidentifikasi manfaat yang diperoleh.
estimate time & cost, menentukan besaran waktu dan estimasi biaya sehubungan dengan proyek
report to manajemen, membuat laporan kepada manajemen sehubungan dengan kegiatan untuk meminta
rekomendasi penugasan selanjutnya.

c. Finding Required Information
analisa kebutuhan informasi melalui interview, review sistem yang berjalan beserta sistem organisasi
terkait pengguna informasi

d. Analyze Information
memberikan rekomendasi atas perolehan informasi yang dianalisa terkait perubahan yang mesti dilakukan

e. Recommendation Prepare Proposal Project Upgrade System
berisikan introduction , rincian system request, detail rekomendasi, time & cost estimated, benefit


(PHASE#2) SYSTEM ANALYSIS


a. Determind Requirements

OUTPUTS , sebagai contoh pembuatan laporan sistem inventory setiap hari
INPUTS , penentuan sistem point of sale menggunakan input scanner barcode
PROCESSES , kebutuhan pembuatan proses yang disepakati pada sistem akuntansi
TIMING , doftware Akuntansi melaporkan secara periodik bulanan untuk kebutuhan pelaporan
CONTROLS , sebagai contoh data karyawan hanya bisa di modifikasi melalui departemen personalia


b. Analyzing Requirements

Menganalisa kebutuhan informasi ini dapat dilakukan melalui pembuatan Data Flow Diagram
Melalui Data Dictionary sebagaian data menurut fungsinya


Melalui process discription atau use case untuk mengetahui proses bisnis yang lebih lanjut


didokumentasikan.


c. Evaluating Alternatives & Strategy


Pada bagian ini setelah kebutuhan informasi diperoleh dan dipahami maka dilanjutkan penentuan

1. Software Alternatives : In House Sofware, Software package, Software Vendor
2. Hardware Alternatives : Potential vendor, hardware quality, instalation hardware



(PHASE#3) SYSTEM DESIGN

a. Input Design



Input ini didesain berdasarkan perangkat keras sebagai alat input data beserta dokumen formulir entry data

yang melekat pada software adalah sebagai berikut :

Types of Input : Keyboard, Mouse, Internet Workstation, Touch Screen
Data Entry Method : Online Data Entry, Direct Data Entry, source data automation (combine)
Source Document Design : line caption, boxed captions, check-off

b. Output Design

Desain keluaran ini merupakan perancangan untuk keluaran informasi ke sebuah media adalah sebagai
berikut :

Types of Output : Printer,Screen, Plotter, Audio,Email, Link to Web
Design other output : Output to disk, Computer Output Media (COM)

C. File & Database Design

Tahapan ini merencakan struktur data beserta relasi antar data baik tabel dan database yang menyangkut
manajemen data sehubungan perancangan software adalah sebagai berikut :

Entity Relationship Diagram (ERD), Normalization, Database Management, Database Model

d. System Architecture

Arsitektur perangkat keras serta prosedure sebagai bagian dari komponen sistem informasi di desain
meliputi


Processing Method : Online Method, batch online, combine online & batch, centralized
Design Network : LAN, WAN, WebBase, Network Aplication
Processing Function : Data Input validation, Online Update Program
Processing Support : Backup recovery, Start Up processing
File server Systems : Server Transmit, The server respons



(PHASE#4) SYSTEM IMPLEMENTATION

a. Aplication Development


1. Plan the overall design Strategy
design spesification, system analyst,design input, output..
2. Programs & Modules : design, code,test,document
3. Link Testing : detect systax error
4. System Testing : Final test, Ensure intruction needed,
demonstrate, verified
5. User Documentation : System overview, source document,
security and audit, source document content, preparation

b. Instalation & Evaluation

Training : in house training, vendor training, outside training
System ChangeOver : direct cutover, parallel operation, pilot operation,phased changedover


(PHASE#5) SYSTEM OPERATION & SUPPORT

a.Support Activity

User Training , kegiatan pendampingkan secara berkala dalam rangka perolehan hasil penggunaan yangm

maksimal.

Assistant, Information center , kegiatan ini diperlukan untuk lebih memudahkan user memerlukan bantuan

penggunaan , sehingga pertanyaan atas berbagai problem kesulitan penggunaan dapat langsung dilayani

oleh petugas assistant dan unit information center.


b. Maintenance Activity

Changing Program, bagian ini proses perubahan atau penanganan transisi dari sistem lama pindah
ke sistem yang baru


TINJAUAN PUSTAKA : System Analysis and Design, Gary & Shelly Chasman, Harry Rosenbalt, Course Technology USA 1998
USER SDLC - Waterfall - Soft Wear Limited (SWL), California USA, 450 employee, 1997








Tidak ada komentar:

Posting Komentar